Monday, January 10, 2011

Tentang ikan
kalo udah baca crita ikan di blog ku sebelum ini, pasti sudah tahu kalo aku punya kolam ikan dan penghuninya beraneka ragam jenis dan ukuran..hehehe…
kemarin waktu aku memberi makan ikan-ikan itu lagi…aku mengamati dan mendapatkan pemahaman yang beda dari sebelumnya.
Ikan-ikan yang kecil kalau makan selalu berkerumun. Kalau udah gitu nti ikan ku yang paling besar, “Bagong” , selalu mendekati mereka dan membuat kerumunan ikan-ikan kecil itu pergi kalang kabut….
selalu begitu , kalau ada kerumunan ikan-ikan kecil.
Kemudian aku jadi berpikir dengan apa yang terjadi dalam realita kehidupan kita sehari-hari.
Sekumpulan orang-orang kecil sering terganggu dan tergusur kehidupannya oleh orang-orang besar. Padahal sebenarnya orang-orang kecil itu hanya berusaha untuk bertahan hidup dengan mengumpulkan apa yang ada pada lingkungan mereka.
Mengambil sebagian kecil dari jatah sumber kehidupan ini secara berkelompok.
Namun kenapa orang-orang besar tergoda untuk ikut ambil bagian yang orang-orang kecil miliki itu ? Bukankah mereka masih bisa mencari yang lain, dimana mereka mungkin mempunyai kekuatan lebih untuk memperolehnya dibanding orang-orang kecil itu ? Kenapa mereka selalu tertarik pada apa yang orang-orang kecil miliki ?
Mungkin jawabannya karena orang-orang kecil itu selalu bersyukur dan menghargai atas apa yang telah mereka peroleh, sehingga selalu menarik perhatian orang-orang besar untuk memilikinya hanya untuk mengejar kata kepuasan, meskipun akhirnya tidak bermanfaat bagi mereka
Sebenarnya orang besar maupun orang kecil dapat melakukan hal yang sama, mengejar kepuasan, apabila mereka lupa untuk selalu bersyukur.

No comments:

Post a Comment